Cara Daftar Internet Banking BRI yang Paling Mudah

152
Cara Daftar Internet Banking BRI
Cara Daftar Internet Banking BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI – BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank milik negara yang paling besar dan punya banyak nasabah. Berbagai kemudahan dihadirkan untuk para nasabah agar mereka merasa nyaman dan setia pada bank BRI. Kemudahan bisa dinikmati oleh nasabah baik dalam hal transfer, cek saldo rekening, tarik dan setor tunai dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa layanan juga dihadirkan oleh BRI, salah satunya adalah layanan internet banking. Melalui layanan ini nasabah memungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan hanya melalui perangkat HP ataupun komputer yang terhubung ke internet. Untuk menikmati layanan ini, nasabah perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Berikut ini cara daftar internet banking BRI yang praktis dan mudah bisa kamu terapkan.

Cara Daftar Internet Banking BRI yang Paling Mudah

Setidaknya ada 3 metode yang bisa dilakukan para nasabah BRI untuk mendaftar layanan internet banking BRI. Ketiga metode tersebut yakni dengan mendatangi kantor cabang BRI dan mendaftar secara pribadi lewat mesin ATM. Kamu bisa memilih cara mana pun yang dianggap lebih mudah dan praktis. Adapun cara daftar internet banking BRI selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Aktivasi Internet Banking BRI
Cara Aktivasi Internet Banking BRI

1. Daftar Internet Banking BRI Melalui Customer Service

Cara yang pertama untuk mendaftar dan aktivasi internet banking BRI yakni melalui customer service. Kamu bisa datang langsung ke kantor cabang untuk melakukan pendaftaran internet banking BRI tersebut. Dalam hal ini kamu juga perlu menyiapkan beberapa persyaratan mendaftar I-Banking BRI, di antaranya:

  • Buku rekening tabungan BRI.
  • Kartu identitas diri, baik itu KTP, SIM, Paspor, ataupun KIMS.
  • Nomor HP aktif dari provider yang bekerjasama dengan BRI, seperti Telkomsel, XL, dan juga Indosat.
  • Alamat e-mail aktif sebagai opsional.

Setelah beberapa persanyat di atas sudah dipersiapkan, sekarang kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang BRI untuk melakukan pendaftaran i-Banking BRI. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Pertama kamu masuk ke kantor cabang dan ambil nomor antrean.
  2. Jika nomormu sudah dipanggil, kamu datangi customer service dan beritahukan tujuanmu untuk mendaftar Internet Banking BRI.
  3. Nantinya CS akan memberikan lembaran formulir yang perlu kamu isi. Berikan juga KTP dan buku rekening tabungan BRI pada CS ketika diminta.
  4. Setelah selesai mengisi, CS akan memprosesnya. Biasanya kamu akan diminta untuk memasukkan User ID dan Password untuk akun internet banking yang dibuat. Setelah itu CS akan melakukan aktivasi akun internet banking tersebut.
  5. Selain UserID dan password, CS biasanya juga akan meminta kamu membuat kode atau password untuk mToken. Kemudian aktivasi mToken akan dilakukan oleh CS dan tunggu hingga selesai.
  6. Sekarang internet banking sudah berhasil dibuat dan mToken juga aktif.
  7. Selesai.

mToken perlu untuk diaktifkan agar kamu bisa menikmati semua fitur yang disediakan di internet banking BRI. Mulai dari transfer uang, melakukan pembayaran tagihan, cek saldo, cek mutasi rekening, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara jika hanya mendaftar internet banking BRI dan tidak mengaktifkan mToken, maka yang bisa kamu lakukan hanyalah cek saldo dan pemindahan pembukuan saja. Akun internet banking tersebut tidak bisa digunakan untuk aktivitas perbankan lainnya.

2. Daftar Internet Banking BRI Lewat Mesin ATM

Selain melalui customer service BRI, mendaftar dan aktivasi akun internet banking BRI juga bisa dilakukan secara mandiri melalui mesin ATM. Cara ini diklaim lebih mudah dan praktis, tanpa harus mengantre di kantor cabang BRI. Untuk langkah-langkah pembuatan akun internet banking BRI lewat mesin ATM selengkapnya, yakni:

  1. Langkah pertama kamu masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM seperti biasa, kemudian masukkan kode PIN-nya.
  2. Pada layar utama kamu masuk ke Menu Lainnya.
  3. Kemudian masuk ke Menu Regitrasi.
  4. Lalu pilih menu Internet Banking.
  5. Sekarang kamu masukkan kode PIN yang terdiri dari 6 digit, di mana PIN ini akan digunakan untuk akun internet bankingnya nanti. PIN bisa beda dengan PIN ATM atau dibuat sama juga boleh.
  6. Masukkan lagi kode PIN untuk konfirmasi.
  7. Tunggu beberapa saat, nantinya kamu akan diberi struk yang berisikan UserID dan Password akun Internet Banking Mandiri.
  8. Sampai di sini kamu perlu melakukan aktivasi akun internet banking terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk transaksi. Aktivasi bisa dilakukan melalui website resmi BRI atau aplikasi BRI Mobile.

Setelah melakukan pendaftaran internet banking Bri secara mandiri di mesin ATM, selanjutnya kamu perlu melakukan aktivasi. Lebih mudah melakukan aktivasi akun i-Banking BRI melalui website resmi BRI. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  1. Pertama kamu buka browser dan kunjungi situs Internet Banking BRI.
  2. Masukkan UserID dan Password yang terdapat pada struk tadi, serta juga Captcha-nya.
  3. Selanjutnya kamu klik tombol Login.
  4. Nantinya akan muncul halaman persetujuan penggunaan i-Banking BRI. Klik Setuju untuk melanjutkan.
  5. Pada halaman ini kamu akan diminta untuk mengubah UserID dan Password akun internet banking BRI.
  6. Selain itu, kamu juga akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail sebagai keamanan tambahan.
  7. Sekarang internet banking BRI sudah aktif dan siap digunakan untuk cek saldo dan pemindahan pembukuan.

Agar akun internet banking BRI bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi, kamu perlu melakukan pengaktifan mToken. Untuk melakukannya kamu perlu registrasi mToken terlebih dahulu di kantor cabang BRI. Selain cara tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi BRI Mobile untuk menikmati semua fitur transaksi di internet banking BRI.

Adapun cara aktivasi BRI Mobile melalui website internet banking BRI selengkapnya, yakni:

  1. Pertama kamu buka halaman internet banking BRI dan login ke akun yang sudah dibuat tadi.
  2. Setelah berhasil login, sekarang kamu masuk ke menu Daftar BRI Mobile.
  3. Selanjutnya kamu isi semua data dengan benar dan lengkap, kemudian kirim. Konfirmasi data dengan klik OK.
  4. Sekarang kamu download dan instal aplikasi BRI Mobile di smartphone.
  5. Buka aplikasi tersebut, lalu masuk menggunakan UserID dan Password akun internet banking yang kamu punya.
  6. Masuk ke menu Internet Banking, nantinya kamu akan langsung diarahkan ke halaman untuk aktivasi internet banking BRI.
  7. Ikuti instruksi yang diberikan sampai aktivasi selesai. Biasanya kamu akan menerima SMS notifikasi dari BRI yang menyatakan aplikasi BRI Mobile siap untuk digunakan.

Baca Juga: Layanan Call Center XL Axiata 24 Jam Gratis Tanpa Pulsa

3. Daftar Internet Banking BRI di Aplikasi BRImo

BRI menghadirkan apliaksi BRImo yang diklaim lebih lengkap fiturnya dibandingkan dengan BRI Mobile. Berbagai aktivitas perbankan sudah bisa dilakukan dengan mudah hanya dari satu aplikasi BRImo. Semua layanan juga bisa dinikmati langsung dari BRImo, mulai dari layanan i-banking, m-banking, t-bank BRI, top up Brizzi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun cara mendaftar internet banking melalui aplikasi BRImo selengkapnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan instal aplikasi BRImo melalui Google Playstore.
  2. Jika sudah, kamu buka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman login akun, kamu klik tombol Daftar Sekarang.
  4. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi data diri, pastikan kamu mengisinya dengan benar dan lengkap.
  5. Jika sudah diisi semuanya, selanjutnya kamu beri tanda centang pada kotak persetujuan syarat dan ketentuan. Selanjutnya klik tombol Lanjut.
  6. Masukkan password akun BRImo sesuai keinginan, kemudian konfirmasi dengan klik tombol Lanjutkan.
  7. Nantinya kamu akan menerima SMS dari BRI yang berisikan kode OTP untuk verifikasi akun BRImo. Masukkan kode OTP tersebut pada kolom yang disediakan di aplikasi BRImo, kemudian klik Lanjutkan. (pastikan pulsamu cukup agar bisa menerima SMS kode OTP BRI)
  8. Sekarang akun BRImo sudah berhasil dibuat dan siap untuk digunakan.

BRImo merupakan aplikasi terbaru dari BRI yang dikhususkan untuk mempermudah berbagai aktivitas perbankan dari para nasabah. Melalui aplikasi ini pengguna bisa melakukan transfer, pembayaran tagihan, cek saldo rekening, cek mutasi rekening, penarikan tunai dengan kode khusus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika memang ada kendala dalam pendaftaran internet banking BRI, maka bisa menghubungi call center BRI yang sudah tersedia. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan jika memang ada yang tidak dimengerti melalui call center tersebut.

Itulah tadi beberapa cara daftar internet banking BRI yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaLayanan Call Center XL Axiata 24 Jam Gratis Tanpa Pulsa
Artikel SelanjutnyaCara Daftar SMS Banking BRI yang Paling Mudah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini