Cara Membuat ATM BNI Terbaru untuk Pemula

341
Cara Membuat ATM BNI
Cara Membuat ATM BNI

Cara Membuat ATM BNI – Bank Negara Indonesia atau yang sering dikenal dengan nama BNI merupakan salah satu perusahaan BUMN yang ada di Indonesia. Bank milik pemerintah Indonesia ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, dan nasabahnya pun terbilang banyak. Tidak lain karena Bank BNI selalu memberikan pelayanan terbaik untuk para nasabahnya. Selain itu, sistem keamanan data pribadi nasabah sangat terjaga dan aman pastinya.

BNI selalu memberikan kemudahan kepada setiap nasabah maupun calon nasabah, termasuk dalam urusan pembukaan rekening BNI baru. Membuat rekening baru BNI bisa dibilang sangat mudah, apalagi sekarang sudah ada sistem online yang semakin memudahkan para pengguna. Bagi yang masih awam mungkin belum tahu cara membuat ATM BNI tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu kamu wajib membaca ulasan di bawah ini sampai selesai.

Syarat dan Ketentuan Membuat ATM BNI Terbaru

Sebelum lanjut ke cara membuat ATM BNI, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian kamu tidak akan mengalami kesulitan atau kendala saat akan membuka rekening BNI nantinya. Adapun syarat membuat ATM BNI selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Melampirkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP bagi WNI. Sementara untuk warga asing atau WNA yang ingin membuat ATM BNI, maka harus menyiapkan KIMS / KITAS / KITAP.
  2. Untuk calon nasabah yang belum punya KTP (umur di bawah 17 tahun), maka bisa menggunakan Paspor, Kartu Pelajar ataupun Fotocopy Akte Kelahiran.
  3. Menyetorkan uang sebagai setoran awal ke dalam ATM yang ingin dibuat. Untuk besaran setoran awal ini sendiri yakni minimal Rp 250.000,- untuk luar Jabodetabek dan minimal Rp 500.000,- untuk wilayah Jabodetabek. Khusus untuk pembuatan ATM BNI Taplus Anak dan Muda, setoran awal minimal Rp 100.000,-.
  4. Untuk pembuatan ATM atas nama badan usaha atau organisasi, maka perlu juga melampirkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan SIUP (Surat Izin Usaha dan Perdagangan).
  5. Sementara jika kamu mewakili badan usaha atau organisasi, maka diperlukan surat kuasa yang diberikan oleh pengurus usaha atau organisasi tersebut.
  6. Mengisi formulir secara lengkap dan sesuai dengan data diri.

Setelah kamu menyiapkan beberapa persyaratan di atas, selanjutnya bisa langsung membuka rekening baru BNI.

Cara Membuat ATM BNI Terbaru yang Mudah

Cara Membuka Rekening BNI
Cara Membuka Rekening BNI

Untuk pembuatan rekening BNI sekarang ini bisa dilakukan dengan 2 metode, yakni secara online dan offline. Untuk pembuatan rekening BNI secara online, kamu bisa memanfaatkan aplikasi BNI Mobile Banking yang bisa didownload langsung di Playstore dan Appstore. Pada artikel kali ini akan dibahas satu per satu cara tersebut.

1. Membuat ATM BNI Melalui Kantor Cabang

Cara konvensional untuk pembukaan rekening baru BNI yakni dengan datang langsung ke kantor cabang BNI yang ada di setiap daerah. Pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa syarat di atas sebelum datang ke kantor BNI untuk pembuatan rekening baru. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu kunjungi kantor cabang BNI yang ada di daerahmu.
  2. Biasanya Satpam akan menanyakan apa tujuanmu datang ke kantor BNI. Nantinya kamu juga akan diberikan nomor antrean dan tunggu sampai nomor antrenmu dipanggil.
  3. Jika sudah selanjutnya kamu datangi Customer Service dan beritahukan tujuanmu untuk membuat ATM BNI baru. Biasanya CS BNI tersebut akan menjelaskan apa saja jenis kartu BNI dan jenis tabungan yang disediakan beserta manfaat dan kelebihannya.
  4. Tunjukkan KTP atau kartu identitas yang sudah kamu siapkan sebelumnya.
  5. Kamu pilih jenis kartu ATM apa yang ingin digunakan dan juga pilih jenis tabungannya.
  6. Customer Service akan memberikanmu formulir yang harus diisi sesuai data diri. Jika sudah, berikan lagi formulir tersebut kepada Customer Service dan ia akan langsung membantu memproses pembukaan rekening baru.
  7. Customer Service juga akan meminta dana setoran awal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  8. Proses selesai, kamu akan langsung diberikan kartu ATM BNI beserta buku tabungannya.

2. Membuat ATM BNI Secara Online

Khusus untuk kamu yang paling benci mengikuti antrean yang panjang, pembuatan rekening BNI secara online bisa dijadikan solusi paling tepat. Sekarang kamu sudah bisa membuat kartu ATM BNI hanya bermodalkan smartphone saja. Tidak lagi harus antre yang tentunya sangat membosankan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi BNI Mobile Banking melalui Google Playstore untuk android dan App Store untuk pengguna iPhone.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman awal aplikasi, kamu klik menu Buka Rekening BNI. Kemudian pilih opsi Daftar dan konfirmasi pilihan dengan klik OK.
  4. Di sana akan ditampilkan syarat dan ketentuan rekening BNI. Jika kamu setuju, maka lanjut dengan klik opsi Setuju.
  5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih jenis tabungan BNI yang ingin dibuat, baik itu BNI Taplus, BNI Taplus Muda, BNI Taplus Anak atau jenis tabungan BNI lainnya.
  6. Isi Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan juga tanggal lahir di kolom yang disediakan, lalu klik OK.
  7. Lengkapi data penting lainnya, seperti nomor HP, e-mail, nama ibu kandung, alamat lengkap, NPWP (jika ada), dan lain sebagainya. Jika sudah kamu klik Lanjut. Biasanya juga sistem akan meminta kamu memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP yang kamu masukkan tadi.
  8. Lanjut dengan mengisi data pekerjaan, mulai dari jenis pekerjaan, alamat dan nomor tempat kerja, hingga penghasilan bulanan yang didapat. Klik Lanjut untuk ke langkah berikutnya.
  9. Kamu juga akan diminta untuk mengisi sumber uang yang kamu miliki, nilai transaksi dalam jangka per tahun, hingga tujuan membuat ATM BNI. Klik tombol Lanjut untuk ke langkah selanjutnya.
  10. Selanjutnya kamu unggah foto KTP dan NPWP (opsional), foto diri sambil memegang KTP atau NPWP (opsional), dan juga foto tanda tangan. Jika sudah, kamu klik Selanjutnya atau Daftar Mobile e-Banking juga.
  11. Untuk validasi data, kamu akan diajak video call dengan petugas atau Customer Service BNI. Jika memang data sudah valid dan persyaratan lengkap, maka ATM BNI-mu akan langsung diaktifkan.
  12. Selesai.

Baca Juga: Call Center Pengaduan Telkom 24 dan Gangguan IndiHome

Jenis-Jenis Tabungan BNI yang Ada Saat Ini

Perlu diketahui juga ada beberapa jenis tabungan BNI yang disediakan dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Adapun jenis-jenis tabungan BNI tersebut selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Tabungan BNI Taplus : Jenis tabungan BNI yang paling umum digunakan oleh para nasabah.
  2. Tabungan BNI Taplus Bisnis : Jenis tabungan BNI khusus untuk badan usaha atau organisasi, di mana pembukaan rekening jenis ini hanya untuk urusan bisnis.
  3. Tabungan BNI Taplus Muda : Jenis tabungan BNI yang dikhususkan untuk remaja mulai dari umur 15 tahun hingga 25 tahun.
  4. Tabungan BNI Taplus Anak : Jenis tabungan BNI khusus untuk anak dengan usia di bawah 15 tahun atau yang belum punya KTP.
  5. Tabungan BNI Simpanan Pelajar : Jenis tabungan BNI yang dibuat khusus untuk para pelajar.
  6. Tabungan BNI Haji : Jenis tabungan BNI yang dikhususkan untuk nasabah yang ingin menabung untuk keperluan haji.
  7. Tabungan BNI Dollar : Jenis tabungan BNI yang dikhususkan untuk nasabah yang ingin menabung dengan mata uang dollar.
  8. Tabungan BNI Tabunganku
  9. Tabungan BNI Tapenas
  10. Tabungan BNI Pandai

Itu tadi informasi mengenai cara membuat ATM BNI terbaru yang mudah bisa coba kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCall Center Pengaduan Telkom 24 dan Gangguan IndiHome
Artikel SelanjutnyaLayanan Call Center Bank Mega 24 Jam Tanpa Pulsa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini